PROGRAM TAHUNAN (PROTAH) TAMAN KANAK-KANAK

PROGRAM TAHUNAN (PROTAH) TAMAN KANAK-KANAK

Dewasa ini semakin pesat sekali dunia Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), untuk itu kita perlu menanganinya secara khusus dan secara profesional demi perkemangan dan kemajuan lembaga dengan meningkatkan mutu dan layanan pada anak didik dapat membantu mengembangkan potensi anak dengan sangat optimal.
Keberhasilan pendidik dapat memberikan kontribusi yang begitu besar bagi perkembangan pendidikan anak dalam jenjang selanjutnya. Maka dari itu dibutuhkan Program Tahunan (PROTAH) untuk membantu guru dalam proses belajar mengajar atau proses stimulasi pada anak yang terarah sesuai dengan usia dan tahap perkembanannya sehingga tidak ada lagi tahap perkembangan yang tertinggal.

PROGRAM TAHUNAN (PROTAH) TAMAN KANAK-KANAK

Program Tahunan (PROTAH) ini dibuat berdasarkan penyusunan tema pada tiap semester dan bulan. Pada setiap aspek tema terdapat sub tema, sub-sub tema dan alokasi waktu pelaksanaan kegiatan belajar. Program Tahunan (PROTAH) ini dibuat guna mempermudah guru dalam membuat susunan Rencana Kegiatan Mingguan (RKM) dan Rencana Kegiatan Harian (RKH). Begitu terstrukturnya suatu progran dengan baik maka akan melahirakan manfaat yang baik pula, khususnya bagi guru dalam merealiasikan silabus, sehingga muncul ide-ide atau gagasan yang baru dan kreatif terhadap Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Gagasan yang kreatif dalam merealisasikan Rencana Kerja Harian (RKH) akan membuat anak-anak merasa senang dan nyaman saat bermain dan belajar. Anak akan menjadi lebih bersemangat datang ke sekolah karena permainan yang menyenangkan dan tidak membuat anak menjadi gampang bosan. Anak yang bersemangat akan berbeda dengan anak yang gampang jenuh dan malas melakukan aktifitas. Proses belajar mengajar dan permainan akan menjadi tidak kondusif saat anak mengalami kejenuhan. Ha tersebut merupakan permasalahan yang sangat besar, sehingga perlu pemecahan yan baik dengan cara evaluasi guru dan evaluasi program pembelajaran maupun pengajaran.
Maka dari itu perlulah dibuat Program Tahunan untuk membantu guru dalam menangani permasalahan tersebut.
Lalu bagaimanakah langkah-langkah atau cara menyusun Program Tahunan (PROTAH) ?
Berikut adalah langkah awal pembuatan Program tahunan (PROTAH) :
Menentukan Tema dalam pembelajaran Bulanan
Membuat Jaring Tema
Menghitung alokasi waktu pembelajaran Tema yag sesuai
Menentukan Sub Tema dalam pembelajaran minguan
Menambahkan Kegiatan Penunjang dalam Tema Mingguan
Alokasi Waktu penambahan Kegiatan Penunjang bisa ditentukan per minggu.
Menentukan Sub-sub Tema dalam menentukan pembelajaran Harian
Menyusun Program Tahunan.
Di bawah ini merupakan Contoh Bentuk Program Tahunan (PROTAH) di TK Alif Islamic Preschool Centre semoga dapat menjadi referensi bagi anda, karena bentuk Program Tahunan (PROTAH) tidaklah baku.

Anda bisa Share postingan kami di bawah ini ya.
Janan lupa kritik dan saran yang membangun dapat di sampaikan di kolom komentar. 

Post a Comment