RENCANA KERJA 5 TAHUN (RKT) TAMAN KANAK-KANAK

RENCANA KERJA 5 TAHUN (RKT) TAMAN KANAK-KANAK

Perkembangan dunia Pendidikan Khususnya Taman Kanak-kanak dewasa ini terlihat sangat pesat. PAUD merupakan langkah awal dalam upaya pembentukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tepat guna membentuk generasi yang handal dan berakhlak baik, karena anak merupakan generasi masa depan bangsa, maka perlu dilakukan evaluasi dalam membuat program-program di setiap lembaga pendidikan. Pendidikan yang baik akan menghasilkan generasi yang baik pula dan menentukan kehidupan negeri ini. Maka dari itu diperlukan suatu penanganan yang baik agar suatu lembaga dapat berkembang dan maju lebih baik. Cara yang baik dalam penanganan hal tersebut adalah dengan meningkatkan mutu dan pelayanan terhadap pendidikan anak khususnya Anak Usia Dini (AUD) dengan memberikan program-program yang baik. Untuk itu, Kepala Taman Kanak-kanak Alif Islamic Preschool Centre membuat Rencana Kerja 5 Tahun.
RENCANA KERJA 5 TAHUN (RKT) TAMAN KANAK-KANAK

Setiap lembaga memilki program kerja. Program kerja tersebut hanyalah sebuah rencana yang dibuat sebagai pedoman dan arah demi kemajuan lembaga. Suatu program dapat terlaksana ataupun tidak baik dalam  kesesuaian waktu programnya dengan rencana yang ada di dalam program bisa saja mengalami perubahan diakibatkan situasi ataupun kondisi yang tidak memungkinkan saat pelaksanan karena suatu kendala. Tetapi biasanya perubahan dalam rencana kerja dapat digantikan dengan program pengganti dengan menyertakan keterangan, baik itu berita acara maupun, surat dan lainnya sebagai bahan evaluasi dalam pembuatan rencana kerja tahun berikutnya.
Pembuatan rencana kerja melibatkan unsur guru, komite sekolah dan orang tua. Rencana kerja dibagi menjadi 2, yaitu Rencana kerja jangka pendek atau dikenal dengan Rencana Kerja 1 Tahun dan Rencana Kerja dalam jangka panjang yang dikenal dengan Rencana Kerja 5 Tahun. Kedua program tersebut saling berkaitan dalam penyusunan rencananya, namun untuk Rencana Kerja 5 Tahun lberisi tentang program-program yang direncanakan selama 5 tahun. Sama halnya dengan program tersebut, Rencana Kerja 1 Tahun merupakan sub-sub per tahun dari program induk dalam merealisasikan rencana yang di buat dengan struktur isi yang lebih mendetail.
Bagaimana cara membuat Rencana Kerja 5 Tahun?
Langkah apa saja yang perlu kita lakukan dalam penyusunan Rencana Kerja 5 Tahun?
Perlukah melakukan analisis?
Langkah-langkah dalam penyusunan Rencana Kerja 5 Tahun diantaranya:
Merumuskan Visi Dan Misi Lembaga
Membuat Rencana Kerja 5 Tahun atau Jangka Panjang
Membuat Program Kerja Jangka Pendek
Memberikan Motivasi Sumber Daya Tenaga Pelaksana Maupun Guru
Manajemen Pengorganisasian Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Di Kelas
Melakukan Supervisi Rutin dan Berkelanjutan
Melakukan Analisis Program
Melakukan Evaluasi Program
Melaporkan Semua Kegiatan Yang Terprogram

Lalu, bagaimana perbedaan dan persamaan dalam pembuatan Rencana Kerja 5 Tahun dengan proram kerja satu tahun? Berikut ini merupakan contoh Rencana Kerja 5 Tahun yang kami buat. Semoga dapat dijadikan referensi bagi anda.

Post a Comment